Podcast episode ke-5
May 1, 2020
Pelajaran dari Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir – Podcast SCN Episode 7
May 10, 2020
Show all

Ayah bunda sekalian, di episode ke 6 ini, podcast Sapa Ramadan Sekolah Islam Citra Nuansa akan berbagi cerita sedikit tentang pendidikan dan tantangannya saat ini, terutama saat dan atau pasca pandemi COVID-19 ini.

Pada tgl.2 Mei kemarin kita telah memperingati hari pendidikan nasional. Ada pesan menarik yang disampaikan mentri pendidikan nasional kita, yaitu Bpk. Nadiem Makarim, di tengah pandemi COVID-19 ini pendidikan nasional menglami perubahan yang cukup signifikan, bahkan seluruh pendidikan di dunia. Karena semua proses pendidikan diubah teknisnya menjadi pembelajaran secara daring, atau online, atau model pembelajaran jarak jauh, karena semuanya harus tetap di rumah, mencegah terjadinya penularan virus corona, dengan tidak berkumpul banyak orang di satu tempat, yaitu sekolah.

Nah, pada sambutan pak mentri di hari pendidikan nasional 2 mei 2020, atau tiga hari yg lalu, beliau mengatakan, “Ini dapat menjadi tantangan bagi negara kita, tapi dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa diterapkan saat kondisi krisis dan setelahnya. perubahan perilaku yang terjadi di dunia pendidikan yakni adanya pembelajaran online memaksa guru berinovasi dengan teknologi. Sedangkan bagi orang tua, dapat belajar berperan sebagai tenaga pendidik di sekolah. Keduanya harus berkolaborasi untuk melahirkan generasi-generasi terbaik.”

Iya… sebagimana tema hardiknas tahun ini, yaitu “Belajar dari COVID-19”, dunia pendidikan benar benar harus mampu mengambil pelajaran penting dan hikmah yang besar tentang kejadian luar biasa oleh pandemi COVID-19 ini.

Ayah bunda sebagai orangtua tentunya mengalami tantangan yang tidak ringan mendampingi anak-anak belajar di rumah.

Begitu juga para guru di Citta Nuansa mengerahkan segenap kemampuannya untuk memfasilitasi belajar anak-anak di rumah melalui pembelajaran secara daring, melalui kegiatan bersama secara daring, bahkan tes pun dilakukan secara daring. Dengan segala keterbatasan perangkat dan teknis dalam prosesnya.

Mengutip dari portal berita katadata.co.id, bahwa Jumlah kasus virus Corona di Tanah Air masih terus menanjak. Tercatat, hingga Sabtu (2/5) terdapat tambahan 292 kasus baru sehingga total kasus mencapai 10.843 orang. Sebanyak 1.665 orang dinyatakan sembuh dan 831 orang meninggal dunia.

Tentu ini bukan berita yang menggembirakan, namun kita semua harus tetap optimis dengan penanganan masalah ini oleh pemerintah dan seluruh pejuang dari tenaga medis dan para relawan dalam memerangi virus corona dan upaya penanganan serta pencegahannya.

Oleh karenanya kita semua khususnya seluruh warga Sekolah Islam Citra Nuansa turut mendukung upaya tersebut, dengan turut melaksanakan pembatasn dan karantina mandiri ini agar pintu penyebaran virus ini semakin menyempit, dan akhirnya pandemi ini berakhir.

Pertanyaannya apa pelajaran yang bisa kita ambil dari pandemi COVID-19 ini?

Melalui podcast episode ke-6 ini beberapa hal yang mungkin bisa kita jadikan pelajaran dari peristiwa ini, sekaligus dalam rangka ungkapan rasa kepedulian dan niat untuk perubahan lebih baik lagi bagi pendidikan kita, khususnya di Sekolah Islam Citra Nuansa.

Yang pertama, belajar dari COVID-19 kita menyadari bahwa dunia pendidikan memang harus melakukan upaya perubahan, baik secara kualitas pelayanan, juga dari sumber daya para pendidik dalam melakukan inovasi di bidang pendidikan dan pengajaran. Karena dengan terjadi atau tidak terjadinya pandemi ini, sistim pendidikan harus terus menyesuaikan dan men ‘upgrade’ proses pelaksanaannya di era industri 4.0 ini. Pendidikan harus menyiapkan perubahan yang signifikan di tengah bergulirnya kehidupan global di abad 21 ini.

Yang kedua. Pelajaran dari COVID- 19 ini ialah, bahwa orangtua sebagai bagian terpenting dari proses pendidikan anak perlu melakukan refleksi dan menyadari bahwa peran mendidik anak di rumah juga bagian penting memepersiapkan generasi ke depan. Rumah adalah “sekolah yang paling utama”.

Yang ketiga, dari pandemi COVID-19 ini, kita semua jadi belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan, dan membiasakan pola hidup sehat dan pola hidup bersih.

Dan yang terakhir, menurut saya pelajaran dari covid-19 ini ialah bahwa pemerintah harus benar-benar memperhatikan tentang sistim pelayanan dan kesiapan dalam menghadapi situasi bencana luar biasa.

Ketidak siapan pemerintah dalam hal fasilitas dan penanganan corona, akibatnya menjadi sangat memprihatinkan, dampaknya lintas sektor, bukan hanya masalah kesehatan, juga masalah tata kelola kebijakan publik yang nampak belum terkondisikan dengan baik.

Semoga pemerintah setelah ini benar benar mengambilpelajaran berharga, tentang pelayanan kesehatan bagi selluruh masyarakat indonesia, dan juga pelayanan sosial dan bidang-bidang lainnya.

Selengkapnya bisa disimak di aplikasi spotify melalui link berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat Kami