Field Trip SMP
February 19, 2019
Field Trip Level A
March 6, 2019
Show all
Service Learning Kelas 9

Alhamdullilahirabbilalamin… beribu rasa syukur atas kelancaran kegiatan Service Learning Kelas 9 SMP Islam Citra Nuansa selama 3 hari di Desa Cibadak Kp. Sukasabar Kec. Tanjung Sari

Kegiatan Service Learning Kelas 9 SMP Islam Citra Nuansa dimulai pada hari selasa 26 Februari 2019 sampai dengan hari kamis 28 Februari 2019 dengan tema kegiatan “ Belajar Bermasyarakat, Peduli Lingkungan di Era Digital “ .

Service Learning ini sendiri adalah kegiatan perdana yang di adakan oleh SMP Islam Citra Nuansa yg di ikuti oleh siswa siswi kelas 9 yang berjumlah 43 siswa , di kegiatan ini antusias siswa – siswi bahkan para wali murid SMP Islam Citra Nuansa dan warga yang ada di Desa Cibadak khususnya Kp. Sukasabar kec. Tanjungsari sangatlah luar biasa dengan keikut sertaan wali murid SMP Islam Citra Nuansa yang ikut menyumbangkan dan mendonasikan mulai dari baju layak pakai , sembako dan uang tunai. Ditambah sambutan masyarakat Kp. Sukasabar sendiri sangatlah baik, masyarakatnya sederhana & ramah.

Dengan diselenggarakannya kegiatan Service Learning kelas 9 SMP Islam Citra Nuansa semoga dapat mengajarkan bersosial masyarakat kepada siswa/siswi kelas 9 agar bisa peka terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga disusun dengan metode menginap di rumah – rumah warga , jadi jumlah siswa kelas 9 (43 siswa) di bagi menjadi 21 kelompok. Perkelompok terdiri dari 2 s/d 3 siswa yang di tempatkan di rumah warga setiap satu kelompoknya .

Kegiatan Service learning ini sendiri diselipkan dengan kegiatan sosialisasi siswa dengan tema pentingnya pendidikan bagi generasi muda di era digital yang di tujukan khusus untuk masyarakat yang berada di Kp. Sukasabar. Karena sebagian masyarakat belum peduli masalah pendidikan yang mengakibatkan tertinggalnya pendidikan di kampung tersebut, dari survei selama 3 hari kegiatan masalah pendidikan ternyata di Kp. Sukasabar hanya mempunyai 1 orang yang lulus pendidikan tinggi atau sarjana dan sisanya hanya tamat SD, SMP & SMA/K .

Target Kegiatan Service Learning ini sendiri adalah :

  1. Menumbuhkan sikap selalu  bersyukur dengan apa yg dimiliki saat ini
  2. Meningkatkan sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain
  3. Membangun kompetensi dalam bersosial masyarakat

Dari target di atas maka roundown acara di susun dengan begitu menarik agar telaksananya atau tercapainya target yang di rencanakan dari awal. Seperti siswa yang berjumlah 43 di bagi menjadi 21 kelompok yang masing-masing kelompok menempati satu rumah penduduk / warga, perkelompok yang tinggal di rumah penduduk juga haru membantu kegiatan sehari – hari masyarakat disana seperti berkebun dan disawah. Tak lupa juga siswa siswi melaksanakan kegiatan beribadah mulai dari sholat berjamaah dan mengaji bersama masyarakat yang ada di kp. Sukasabar .

Untuk penutupan kegiatan Service Learning kelas 9 sendiri dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Februari 2019 dengan beberapa kegiatan berupa :

  1. Santunan anak yatim di Desa Cibadak
  2. Santunan duafa di Kp. Sukasabar
  3. Bantuan untuk masjid di Kp. Sukasabar
  4. Bantuan untuk TPA di Kp. Sukasabar
  5. Bantuan pakaian Layak Pakai di Desa Cibadak
  6. Pemberian Cindera mata untuk Sekdes & KepDes
  7. Pemberian kenang – kenangan setiap siswa ke warga yang di tempati

Dokumentasi Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat Kami