Field Trip Level A
March 6, 2019
Field Trip Level B
March 26, 2019
Show all
Service Learning Kelas VI

Service Learning merupakan kegiatan pembelajaran untuk melatih kemampuan anak dalam bersosialisasi bersama masyarakat, kemandirian, kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungannya. Tujuan dari kegiatan service learning ini adalah meningkatkan potensi anak agar dapat berperanaktif dimasyarakat. Kegiatan service learning ini dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 Februari 2019 yang berlokasi di Desa Cijagang, kp.Cikundul, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Ciajur.

Service Learning menjadi program unggulan Sekolah Islam Citra Nuansa khususnya kelas VI, kegiatan ini membantu mereka belajar dan mendapatkan pengalaman di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan akhir kelas VI untuk menguatkan kemampuan akademik siswa, social skill dan life skill serta menumbuhkan kesadaran dan tanggungjawab dalam diri

Bentuk Kegiatan service learning tahun ini yaitu berperan aktif dengan masyarakat, anak-anak sekitar, kunjungan ke lokasi home industri setempat. Siswa-siswi Sekolah Islam Citra Nuansa melakukan kegiatan sains dengan membuat sabun pencuci piring, alat pendeteksi gempa, Roket meluncur dengan anak-anak TPA Al-Hikmah Ds Cijagang. Kegiatan yang menunjang lainnya adalah membantu menangkap ikan di empang bersama masyarakat, membersikan kali, serta membersihkan masjid. Kegiata anak-anak disana sangat membantu dan melatih mereka untuk lebih bertanggung jawab, mandiri, serta bisa berkerjasama dengan warga, serta berkunjung ke Kerajinan bambu, budidaya jamur, keripik pisang, pengrajin batok kelapa, bahkan kegiatan islami siswa-siswi berziarah kemakam cikundul, desa cijagang, dengan antusias para peserta atau siswa semangat dalam kegiatan service learning ini.

Selain itu, pada kegiatan malam hari siswa berkumpul dengan masyarakat dalam acara makrab (malam keakraban) kegiatan yang diadakan dengan nonton bareng, perform anak-anak kelas VI serta penampilan silat dengan diiringi dengan music gamelang. Kegiatan yang bisa membuat anak-anak lebih dekat dengan masyarakat.

Setelah pelaksanaan program, anak-anak dan guru melakukan evaluasi tersebut berisi tentang apakah kegiatan yang mereka laksanakan sudah dengan tujuan awal atau belum, dengan kegiatan agar peserta atau siswa lebih mendalami hidup berorganisasi dengan baik serta bias ikut berperan aktif di lingkungan masyarakat.

Dokumentasi Kegiatan


1 Comment

  1. Restie Yanti Ry says:

    Luar biasa……. SCN… Good Programs…. Menumbuhkan rasa percaya diri.. Mandiri…. Menambah pengalaman Menambah Pengetahuan Dan memupuk rasa kebersamaan kekeluargaan kerukunan Dan Persahabatan… Kenangan terindah bersama sahabat kecil kaisar…. We love SCN Bravo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat Kami