Parenting
January 18, 2019
Kitchen Tour
January 21, 2019
Show all

Taksidermi Ular Sanca

Kurikulum pendidikan di SMP ISLAM CITRA NUANSA terus disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Biologi secara Nasional bahkan Internasional sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. IPA berkaitan dengan cara memahami Alam secara sistematis, sehingga bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta dan konsep tetapi juga suatu proses penemuan. Untuk itu dalam pembelajaran Life skill Sains Club perlu banyak mengamati dan bereksperimen di Labolatorium sehingga siswa dapat memahami konsep dan prinsip-prinsip IPA lebih mudah dan pada akhirnya dapat mencapai kompetensi dasar sesuai dengan target dan tujuan pencapaian belajar siswa.

Kegiatan Life Skill Sains Club ini diikuti oleh siswa-siswi SMP Islam Citra Nuansa Kelas VII dan VIII, tempat kegiatan dilaksanakan di Laboratorium IPA. Dalam Laboratorium terdapat specimen hewan dan tumbuhan dalam bentuk preparat basah maupun kering . Dengan specimen siswa tidak hanya melihat lewat gambar tetapi dapat mengamati dan mempaktikkan langsung , sehingga mereka akan mendapatkan pengalaman langsung dan menjadi lebih melekat dalam diri siswa. 

Taksidermi merupakan salah satu Kegiatan SAINS CLUB SMP ISLAM CITRA NUANSA dengan adanya kegiatan ini siswa dapat mengetahui cara pembuatan Taksidemi (awetan kering) jenis hewan vertebrata yaitu Ular Sanca Batik. Dengan cara pengawetan kering hewan-hewan yang telah mati untuk diawetkan dan ditampilkan. Taksidermi juga digunakan untuk berbagai tujuan misalnya sebagai media dalam pembelajaran biologi dan juga sebagai hiasan. Keunggulan  taksidermi sebagai media pembelajaran biologi adalah keasliannya karena terbuat dari hewan asli dan  tidak membahayakan bagi siswa/siswi dan kegiatan ini dipandu oleh guru bidang biologi.

Proses kegiatan dilakukan oleh siswa dengan tahapan mulai dari membius, membedah, membersihkan, menyayat dari bagian isi ular kemudian menyayat bagian dagingnya sampai proses penjahitan kulit ular sehingga yang tersisa hanyalah kulitnya. Dalam proses penyayatan pun siswa-siswi melakukannya dengan sangat hati-hati dan teliti sehingga tidak ada sisa daging yang tertinggal. Proses taksidermia wetan kering Ular sanca batik alhamdulilah berjalan lancar. siswa – siswi SMP Islam Citra Nuansa pun sangat antusias semangat sekali dalam kegiatan Sains Club ini. Sehingga siswa – siswi SMP Islam Citra Nuansa bersemangat untuk selalu terus belajar dan belajar.

Dokumentasi Kegiatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat Kami